Halaman

Sabtu, 15 Juni 2013

Komputer - Memperpanjang Usia Printer

Memperpanjang Usia Printer



Gimana caranya agar memperpanjang  usia pada printer ?? yah di bawah ini adalah beberapa cara untuk memperpanjang usia pada printer. Bagi kalian yang ingin mengetahui carnya langsung saja dapat kalian lihat dibawah ini.

Kasus Paper Jam
Ketika proses cetak sedang berlangsung terjadi paper jam (kertas macet), tidak dianjurkan untuk menarik paksa kertas yang terdapat di dalam printer. Karena bisa meninggalkan potongan-potongan kertas di bagian dalam yang akan mengakibatkan kerusakan pada printer. Jika ini terjadi, yang bisa dilakukan adalan dengan melepas cover printer kemudian memutar pelan-pelan roda kertas (paper wheel) sampai kondisi kertas keluar semua.
Mematikan Printer
Selalu mematikan printer saat tidak digunakan. Hal ini bisa mencegah tertutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam printer head. Keuntungan lainnya adalah dapat mencegah tinta cepat kering dan bisa mengoptimalkan kinerja serta fungsi printer. Gunakan selalu tombol power saat mematikan printer, dan bila perlu melepaskan kabel power dari listrik agar lebih aman.
Hindari toner/ink cartridge murahan
Saat ini banyak dijual toner/tinta refiil murah yang bisa digunakan dengan memodifikasi printer. Toner/Tinta seperti ini memang sangat mengirit pengeluaran bila sering menggunakan printer untuk mencetak. Namun, pengaruh penggunaan toner/tinta modifikasi sangat buruk terhadap daya tahan printer. Karena itu, jika ingin printer tetap awet meskipun usianya sudah senja, disarankan menggunakan toner/tinta yang mempunyai kualitas optimal seperti Eikona® atau Qualiva®. Selain kualitasnya tak kalah dengan orisinal juga bergaransi.
Cartridge
Cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus. Benda ini sangat rentan kerusakan jika diperlakukan sembarangan. Bisa jadi data dari komputer tidak masuk maksimal dan mengakibatkan hasil cetakannya tidak maksimal. Karena itu, memperlakukan cartridge harus hati-hati. Daya tahan cartridge juga bervariasi, tergantung seberapa sering proses mencetak. Sebagian user hanya mengganti dua atau tiga kali dalam setahun, sementara tidak sedikit yang mengganti cartridge beberapa bulan sekali. Cartridge yang dibiarkan terpasang di printer dan tak pernah digunakan terlalu lama bisa mengering. Untuk mencegah menurunya kualitas cetakan, gunakan printer secara periodik.
Bersihkan Kotoran
Bersihkan bagian dalam printer setiap satu atau dua minggu, tergantung seberapa sering menggunakan printer. Hal ini akan menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan lupa mengamati apakah ada benda yang tertinggal di dalam printer. Jangan simpan printer ditempat berdebu dan penuh serangga. Jika memang tempatnya berdebu, ada baiknya bungkus printer dengan plastik untuk melindunginya dari kotoran.
Diagnostic Tools
Setiap printer mempunyai software diagnostic tool untuk merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tsb. Sediakan waktu mempelajarinya. Mungkin saja informasi yang disediakan bisa membantu mengatasi permasalahan dalam printer.
Gagal Mencetak
Kegagalan mencetak atau error message yang kadang muncul, terkadang bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya sedikitnya selama sepuluh menit. Setelah itu, masukkan lagi kabel daya tersebut ke terminal, kemudian nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali. Cara seperti ini bisa mengatasi kegagalan mencetak dengan baik.

Category: Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar